Dampak Erupsi Gunung Agung, Sektor MICE di Lombok Rugi

Salah satu ruangan hotel yang sepi akibat pembatalan pemesanan hotel

Mataram (Global FM Lombok)- Asosiasi Kongres dan Konvensi Indonesia (INCCA) Provinsi NTB melihat, bencana erupsi Gunung Agung Bali terhadap kegiatan rapat dan konvensi atau MICE di Lombok sangat terganggu. Terlebih di akhir tahun biasanya hotel MICE, travel MICE serta Event Organizer MICE sedang menunggu paket kegiatan yang cukup banyak.

Ketua INCCA Provinsi NTB M Nurhaedin kepada Global FM Lombok di Mataram, Kamis (30/11) mengatakan, salah satu agenda nasional yang terdampak bencana Gunung Agung yaitu kegiatan Desa Benderang Informasi Publik (DBIP) yang berlangsung dari tanggal 28 – 30 November 2017 di Kota Mataram.  Nurhaedin selaku EO kegiatan menyiapkan akomodasi di hotel berbintang dan melati sekitar 4200 orang kamar, namun yang terpakai tidak lebih dari 1000 kamar. Hal itu disebabkan oleh banyaknya peserta dari luar daerah yang tidak bisa datang ke Lombok akibat penutupan bandara.

Di dalam INCCA terdapat 22 entitas usaha yang bergerak disana, mulai dari travel agent, catering, pengusaha souvenir, event organize dan lain sebagainya. Pihaknya belum mampu menghitung kerugian financial dari bencana ini. Namun jika erupsi Gunung Agung terus berlanjut hingga akhir tahun dan mengakibatkan bandara Lombok buka-tutup, maka target kunjungan akan berkurang sekitar 20-30 persen.(ris)

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply