Arah Angin ke Barat Daya, Abu Vulkanik Gunung Agung Belum Menyebar ke Lombok

erupsi gunung agung

Mataram (Global FM Lombok)- Abu vulkanik akibat erupsi Gunung Agung, Bali diprediksi belum menyebar di Lombok. Hal ini disebabkan karena arah angin mengarah ke barat daya. Saat ini, ketinggian abu vulkanik masih berada sekitar 3 – 4 ribu meter dari kawah gunung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, H. Muhammad Rum Selasa (28/11) di Mataram mengatakan, jika abu vulkanik sudah menyebar di pulau Lombok, masyarakat diminta untuk melaporkannya kepada BPBD NTB. Karena BPBD sudah menyiapkan masker yang akan dibagikan kepada masyarakat.

Kabupaten kota seperti Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Utara diminta untuk menyiapkan masker untuk diberikan kepada masyarakat.  Sebelumnya, BPBD juga sudah membagikan masker masing-masing sebanyak 4000 lembar baik ke Kota Mataram maupun ke Kabupaten Lombok Barat.

Rum memprediksi musim hujan yang terjadi saat ini membawa abu vulkanik Gunung Agung, sehingga sumber-sumber air seperti sumur agar ditutup. Karena jika masyarakat mengkonsumsi air yang bercampur dengan abu vulkanik akan menyebabkan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).(azm)-

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply