Wisatawan Mancanegara Meningkat, Bulan September Capai 10 Ribu

destinasi wisata Mandalika Lombok

Mataram ( Global FM Lombok)- Jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Provinsi pada September 2017 tercatat mencapai lebih dari 10 ribu orang. Angka wisatawan ini tercatat hanya melalui pintu masuk Lombok International Airport (LIA). Meskipun angka tersebut mengalami penurunan sebesar 18,06% dibandingkan dengan bulan sebelumnya, namun secara year on year jumlah ini meningkat 18,08%.

Kepala Badan Pusat Statistik NTB Endang Tri Wahyuningsih mengatakan, hal ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh stakeholder dalam upaya untuk mengembangkan potensi pariwisata dan mengenalkannya kepada para wisatawan. Endang mengatakan, dari Januari hingga September jumlah wisatawan yang datang melalui LIA sebanyak 94.986 wisatawan. Angka itu belum termasuk wisatawan yang datang melalui jalur laut atau wisatawan yang langsung datang ke Gili-Gili di Lombok.

Tercatat pada September 2017, wisatawan asal negeri Jiran Malaysia  mencapai 42% atau sebanyak  4.318 wisatawan. Jumlah tersebut diikuti oleh wisatawan asal China yang berkontribusi sebesar 7% atau sekitar 753 wisatawan, Korea Selatan sebesar 4% atau 433 wisatawan. Wisatawan Jerman dan Singapura pun masuk dalam lima besar wisatawan asing di NTB yang berkontribusi masing-masing sebesar 4% dan 5% dari total wisatawan asing yang masuk ke NTB pada September 2017.(ris)

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply