Sebagian Penyandang Disabilitas di NTB Karena Kemiskinan

Disabilitas ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)- Dinas  Sosial Provinsi NTB mencatat, jumlah penyandang disabilitas di NTB sekitar 20 ribu orang. Dari jumlah itu, sekitar tiga ribuan diantaranya adalah penyandang disabilitas berat.  Di sisi lain, yang memprihatinkan adalah salah satu penyebab mereka menjadi disabilitas adalah karena  faktor kemiskinan. Sekitar 10 persen dari ribuan penyandang disabilitas tersebut pernah sakit dan  menjadi cacat permanen karena tidak memiliki biaya untuk berobat.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Sosial Provisi NTB, Ahsanul Khalik di Mataram, Rabu (1/11). Ia mengatakan,  persoalan kemiskinan baik itu yang terkait dengan penyandang disabilitas ini sudah ditangani oleh pemerintah. Anggarannya bisa berasal dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten kota. Menurutnya, pembangunan sosial ini adalah program wajib pemerintah, sehingga penanganannya harus dianggarkan.

“Ada memang penyandang disabilitas itu disebabkan karena kondisi kemiskinan mereka. Itu kondisi kemiskinan itu ketika mereka lahir kemudian sakit, tidak bisa berobat. Lahirnya normal tapi tidak bisa berobat, tidak bisa ke rumah sakit kemudian dia menjadi cacat permanen. Banyak itu. Di Kota Mataram saja banyak kita temukan seperti itu. Yang pasti kita punya penyandang disabilitas berat itu 3000 lebih”,katanya.

Pemerintah pusat juga sudah memberikan bantuan pangan non tunai kepada 700 orang penyandang disabilitas berat di NTB.Menurutnya, jumlah itu masih sangat kurang dibandingkan dengan jumlah penyandang disabilitas di NTB yang hampir mencapai 20 ribuan orang. (dha)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply