Kabupaten Lombok Timur Terpilih Jadi Daerah Smart City di NTB

Smart City

Jakarta (Global FM Lombok)-Sebanyak 70 kabupaten kota di Indonesia mengajukan daerahnya sebagai smart city tahun 2017 ini. Salah satu daerah di Provinsi NTB yang terpilih untuk menjadi smart city tahun ini yaitu Kabupaten Lombok Timur. Hal ini berdasarkan hasil penilian yang dilakukan oleh pihak Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI.

Hal itu dikatakan Kepala  Sub bidang Aplikasi Pelayanan Publik pada Kominfo RI, Hafni Septiana kepada wartawan Senin (30/10) di kantornya. Ia mengatakan, untuk mewujudkan gerakan smart city di kabupaten kota di Indonesia, Kominfo RI memiliki program gerakan 100 smart city. Hal ini akan dilakukan secara bertahap yaitu tahun ini sebanyak 50 daerah, tahun 2018 dan 2019 sebanyak 25 daerah. Daerah-daerah yang sudah lulus penilaian tersebut diberikan bimbingan membuat masterplan smart city sebanyak empat kali. Beberapa hal yang dilihat dalam pemilihan smart city ini salah satunya kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM).

Diterangkan Hafni, ada beberapa indikator yang membuat daerah tersebut masuk dalam smart city, salah satunya dilihat dari inovasinya membangun daerah. Selain itu, masyarakat setempat maupun pendatang merasa nyaman dengan aplikasi untuk mempermudah pelayanan yang dibuat.

Dicontohkannya, jika terjadi banjir disatu titik, maka SKPD terkait sudah mengetahui secara langsung melalui aplikasi yang sudah dibuat dan akan langsung menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan masyarakat yang terkena banjir. (azm)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply