Diskominfo NTB Dinilai Perlu Buat Aplikasi Khusus Destinasi

Mori Hanafi

Padang (Global FM Lombok)- Perkembangan destinasi wisata di NTB disebut belum dibarengi dengan penggunaan teknologi informasi. Dalam waktu dekat, DPRD NTB akan berkoordinasi dengan SKPD terkait dalam hal ini Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Provinsi NTB untuk membahas hal tersebut. Karena sejumlah daerah di Indonesia sudah memiliki program unggulan dalam hal teknologi informasi, misalnya Pemkot Kota Padang sudah menerapkan program Padang Dalam Genggam.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua DPRD NTB, Mori Hanafi kepada wartawan usai menggelar pertemuan dengan Pemkot Padang Selasa (31/10) di Padang. Ia mengatakan, Program Padang Dalam Genggaman tersebut merupakan aplikasi yang bisa memberikan informasi yang lengkap tentang daerah tersebut.

Pemprov NTB melalui SKPD terkait dalam hal ini Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik dinilai harus meniru program tersebut. Dimana, melalui aplikasi tersebut, wistawan yang berkunjung ke NTB bisa mengetahui dengan mudah lokasi destinasi wisata, kuliner, masjid-masjid besar dan beberapa tempat-tempat menarik yang harus dikunjungi.

“Padang dalam genggaman tadi sekilas saya lihat. Padang Dalam Genggaman itu maksudnya HP. Jadi itu memuat banyak informasi mengenai Kota Padang. Jadi kita bisa terapkan juga di NTB, misalnya NTB Dalam Genggaman. Lokasi pariwisata dimana, kuliner dimana, masjid-masjid besar dimana dan lain sebagainya. Ini kan belum ada. Ini kan kita dapat ilmu disini. Penerapan ini tidak terlalu mahal sebenarnya,”harapnya

Untuk mempermudah penerapan program tersebut lanjut  Mori, maka harus ada pemasangan wifi gratis di sejumlah tempat. Pemasangan wifi ini dinilai mudah untuk direalisaikan, karena Pemprov NTB bisa saja menjalin kerjasama dengan pihak ketiga.

Ditambahkan Mori, program Smart Provinsi NTB dinilai bisa direalisasikan namun hanya untuk beberapa kabupaten kota saja seperti Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat. Namun, untuk daerah-daerah lain dinilai sulit untuk direalisasikan karena beberapa kendala. Yang lebih penting adalah kesiapan dari Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik NTB i terutama dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM). (azm)-

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply