Musim Hujan, Pemerintah Kabupaten Kota Diminta Lakukan Perantingan Pohon

pohon tumbang

Mataram (Global FM Lombok)- Sejak beberapa pekan terakhir, hujan disertai angin kencang kerap terjadi di beberapa lokasi di Provinsi NTB. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB menghimbau kepada semua kabupaten kota untuk melakukan perantingan pohon. Upaya ini harus dilakukan untuk mengantisipasi pohon tumbang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, H. Mohammad Rum kepada Global FM Lombok Kamis (19/10) di Mataram mengatakan, selain perantingan pohon, pihaknya juga meminta agar papan reklame yang sudah berkarat dan rapuh agar segera diturunkan.

Dari informasi diperoleh, angin kencang yang terjadi beberapa hari lalu di Kabupaten Lombok Utara telah mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa rumah warga. Pohon tumbang ini juga terjadi di Kota Mataram, dimana menimpa salah satu motor yang parkir di pinggir jalan.

Selain itu lanjut Rum, antisipasi yang dilakukan pada saat musim hujan ini tidak saja pohon tumbang, melainkan longsor. Karena sejumlah desa di NTB berada di bawah perbukitan. Seperti diketahui pada akhir tahun 2015 lalu, Desa Guntur Macan Kecamatan Gunung Sari terjadi bencana Longsor. Bencana tersebut memakan empat korban jiwa yang tertimbun oleh tanah.

Antisipasi yang dilakukan yaitu dengan melakukan kajian kondisi desa dan tekstur tahan di daerah tersebut. Karena khusus di Desa Guntur Macan harus ada Mitigasi Struktural atau upaya yang dilakukan demi meminimalisir bencana.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply