Kurangi Sengketa Lahan, Presiden Joko Widodo Percepat Penyelesaian Sertifikat Lahan

Jokowi resmikan KEK Mandalika

Praya (Global FM Lombok)- Sebanyak 5.750 serifikat tanah diserahkan kepada masyarakat di Pulau Lombok. Sertifikat tersebut itu diserahkan secara simbolis oleh Presiden Joko Widodo di Masjid Nurul Bilad, KEK Mandalika Lombok Tengah. Pembagian sertifikat tanah gratis ini untuk mengurangi sengketa warga karena lahan. Karena ditargetkan, pada tahun 2022 mendatang, semua lahan di Indonesia terutama NTB sudah memiliki sertifikat.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo, saat memberikan sambutan pada acara penyerahan sertifikat bagi masyarakat di pulau Lombok Jum’at (20/10) di Mataram.  Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengaku sering mendengar keluhan tentang sengketa tanah tiap berkunjung ke daerah. Itulah sebabnya, pemerintah berupaya mempercepat penerbitan sertifikat tanah untuk masyarakat di Tanah Air.

Para penerima sertifikat tersebut tersebar di kabupaten kota di Lombok. Seperti Kabupaten Lombok Barat menerima 1.500 sertifikat, Lombok Tengah sebanyak 1000 sertifikat. Lombok Timur sebanyak 1500 seritifikat. Kabupaten Lombok Utara sebanyak 1500 sertifikat dan Kota Mataram ada 250 sertifikat. Khusus di Kota Mataram, pembuatan sertifikat bisa diselesaikan pada tahun 2018 mendatang.

Menurut laporan Kepala BPN Sofyan Djalil, di Provinsi NTB masih ada 807 ribu bidang tanah yang belum disertifikatkan. Dengan program pembuatan sertifikat gratis ini, pengurusan akta kepemilikan lahan tersebut bisa diselesaikan dalam waktu dekat. Karena pada tahun ini, jumlah bidang tanah yang dikeluarkan sertifikat yaitu sebanak 115 ribu bidang. Dimana sebelumnya, jumlah tanah yang dikeluarkan sertifikat yaitu paling banyak 15 – 20 ribu bidang.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply