Mataram Siap Bantu Pengungsi Gunung Agung

lalu martawang

Mataram (Global FM Lombok) – Pemkot Mataram menyatakan kesiapannya untuk membantu warga Kabupaten  Karangasem Bali,  yang terdampak letusan Gunung Agung.  Sejauh ini,  sudah ada warga Karangasem yang berdatangan ke Mataram.  Namun,  untuk sementara  mereka masih tinggal di rumah keluarganya masing-masing seperti yang terlihat di Kecamatan Sekarbela.

Hal itu dikatakan Asisten I Setda Kota Mataram,  Lalu Martawang Senin (28/9). Ia mengatakan, untuk sementara  ini warga Karangasem yang datang ke Mataram merupakan  warga yang memiliki  keluarga disini. Sehingga mereka tinggal di rumah keluarganya masing-masing. Jika kemudian nanti jumlah pengungsi sudah banyak,  maka Pemkot akan berkoordinasi  dengan Pemprov NTB dan pemerintah  pusat terkait dengan penanganannya.  Ia mengatakan,  Pemkot Mataram siap menyediakan tempat pengungsian  dan tenda darurat bagi pengungsi  Karangasem.  Namun,  sejauh ini hal itu belum diperlukan.

“Saat ini untuk sementara masih di keluarga masing-masing  ya.  Kalaupun  ada yang dari Bali datang ke sini. Tentu kalau nanti intensitasnya lebih besar dan lebih dari kapasitas  itu maka tentu kita di sini harus pada posisi yang berkoordinasi  dengan pemerintah pusat dan provinsi untuk menyiapkan segala sesuatu  yang diperlukan”,katanya.

Seluruh camat dan lurah telah dikumpulkan untuk mendata dan melakukan penanangan terhadap semua pengungsi Karangasem yang datang ke wilayahnya.  Menurutnya,  kedatangan warga Karangasem ke Mataram karena bencana alam yang sedang terjadi di Bali.  Sehingga diharapkan kepada seluruh  warga Mataram untuk menyambut mereka dengan baik.  Ia juga menghimbau semua warga Kota Mataram  untuk  menjaga keamanan dan ketertiban  di Kota Mataram. Terlepas  dari itu,  diharapkan  kondisi Gunung  Agung bisa kembali normal dan tidak sampai terjadi seperti Gunung Merapi, Yogyakarta tahun 2010 lalu. (dha) –

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply