Pilkada 2018, Ombudsman NTB Bakal Pantau Visi Misi Pelayanan Publik Calon Kepala Daerah

Kepala Ombudsman NTB Adhar Hakim saat acara pertemuan berkala dengan masyarakat

Mataram (Global FM Lombok)- Ombudsman RI Perwakilan NTB akan memantau visi dan misi bakal calon kepala daerah yang akan berlaga di Pilkada serentak Bulan Juni tahun 2018 mendatang. Kepala daerah harus memiliki visi pelayanan publik dalam segala aspek, karena hal ini menjadi salah satu tolok ukur pemerintahan yang baik.

Hal itu disampaikan Kepala Ombudsman Perwakilan NTB Adhar Hakim kepada Global FM Lombok di Mataram, Kamis (14/9). Adhar menghimbau kepada para pemilih untuk tetap kritis terhadap calon kepala daerah dalam hal komitmen pelayanan publik. Bagi calon petahana, masyarakat harus melihat rekam jejak mereka terkait dengan kualitas pelayanan publik mereka selama menjabat.

Jika dalam rekam jejaknya sebagai kepala daerah tidak menunjukkan komitmen yang bagus dalam halpelayanan publik, hal itu bisa menjadi pertimbangan dalam memilih di pilkada nanti.

“ Seperti apa sih kepala daerah itu punya visi dan misi dalam hal pelayanan publik, misalnya dalam kampanye mereka. Saya justru menghimbau kepada warga untuk bersikap kritis kepada calon kepala daerah untuk melihat seperti apa visi misi mereka di pelayanan public, lihat rekam jejak mereka juga bagi yang kepala daerah kabupaten kota yang ingin menjadi calon gubernur, kata Adhar.

Menurutnya, ada sejumlah kepala daerah di NTB memang yang enggan memperbaiki aspek pelayanan publiknya dengan berbagai alasan, padahal inilah salah satu tugas pokok pemerintah. Ombudsman selama ini berupaya melakukan perbaikan secara sistemik yang meliputi kerja pengawasan dan mendorong agar memperbaiki pola pelayanan ke arah yang lebih baik. Karena selama ini, jenis mal administrasi banyak yang menjadi temuan Ombudsman adalah penundaan berlarut serta tidak adanya pelayanan kepada masyarakat.(ris)-

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply