BMKG: Hujan Pertama di NTB Akan Turun di Bulan Oktober

Salah satu sudut persawahan di Lombok Tengah yang terkena musim kemarau

Mataram -(Global FM Lombok) -Badan Meteorologi  Klimatologi  dan Geofisika (BMKG) Kediri, Lombok Barat memprediksi hujan di provinsi NTB akan mulai turun pada Bulan Oktober 2017 mendatang. Daerah pertama yang akan turun hujan tersebut adalah Kabupaten  Lombok Barat.

Kepala BMKG Kediri Lombok Barat,  Wakodim, Selasa (12/9) mengatakan,  awal musim hujan masing-masing daerah berbeda-beda mulai dari sepuluh hari ketiga bulan Oktober  hingga sepuluh  hari kedua bulan Desember.  Untuk hujan kedua,  diperkirakan  akan turun pada sepuluh  hari pertama bulan November  di sekitar  kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR)  Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

Selanjutnya November  kedua hujan diperkirakan akan turun di sebagian wilayah Lombok Tengah dan juga Lotim. Sementara di November  ketiga di sebagian wilayah Lotim, wilayah Lombok Utara dan Kabupaten  Sumbawa akan mulai turun hujan.  Adapun wilayah  Kabupaten  Sumbawa Besar diperkirakan akan turun hujan pada minggu pertama bulan Desember  dan juga wilayah Kabupaten Bima dan Dompu. Ia mengatakan , pada pertengahan  bulan Desember, semua wilayah di NTB sudah masuk musim hujan.

“Jadi untuk awal musim hujan dari BMKG itu beda-beda. Yang pertama  itu di dasarian pertama bulan Oktober  itu di Lombok Barat hujan.  Nanti 10 hari kedua bulan Desember  semuanya sudah hujan di NTB”, katanya.

Wakodim mengatakan,  sekarang ini sebagian besar wilayah NTB memang mengalami kekeringan. Bahkan,  ada daerah yang tidak hujan selama dua bulan berturut-turut.  Karena itu, banyak warga yang terdampak bencana kekeringan seperti  kekurangan air bersih dan juga untuk mengairi lahan pertanian. Untuk itu, solusi jangka pendek yang menurutnya perlu dilakukan oleh pemerintah  daerah adalah mendistribusikan  air bersih dan mengoptimalkan embung yang ada di wilayah setempat. (dha) –

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply