Faktor Usia, Tujuh JCH Provinsi NTB Meninggal Dunia

Jamaah haji saat dilepas bulan lalu

Mataram (Global FM Lombok)- Tahun ini, jumlah Jamaah Calon Haji  (JCH) yang meninggal dunia di Tanah Suci sebanyak tujuh orang. Rata-rata JCH yang meninggal dunia tersebut karena sudah berusia lanjut yaitu diatas 75 tahun. Saat ini semua JCH sudah di makamkan di Saraya Mekkah.

Hal  itu dikatakan Plh Kepala Bidang Pelaksanaan Ibadah Haji dan Umrah pada Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi NTB, H. Sirojudin kepada Global FM Lombok Senin (04/09) di ruangannya. Ia merincikan, JCH yang meninggal dunia tersebut yaitu Marhan Bahrudin Abidin, Rusdin Umar Muhammad dan Mursayid Sapardi Ahmad dari Kabupaten Lombok Timur. Selain itu, Juruh Arya Banjar Getas dan Muhdin Muhrid Raodah dari Kabupaten Lombok Tengah. Sementara untuk di Pulau Sumbawa jumlah JCH yang meninggal dunia yaitu sebanyak dua orang antara lain Usman Ismail Note dari Kabupaten Bima, dan Abdullah Bongko Ntilu dari Kabupaten Dompu.

Sementara untuk JCH yang lain lanjut Sirojuddin, masih ada yang dirawat di rumah sakit yang disebabkan karena kelelahan sehingga terganggu dibagian pernapasan. Karena berdasarkan data yang dimiliki, dari 4000 lebih JCH provinsi NTB sebanyak 40 persen merupakan lanjut usia. Dikatakannya, untuk barang-barang jamaah yang meninggal dunia akan dikembalikan kepada keluarga setelah proses pemulangan jamaah haji selesai dilakukan. Karena pemulangan jamaah haji untuk kloter 1 Kota Mataram yaitu pada tanggal 22 September mendatang.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply