Dongkrak Angka Partisipasi Masyarakat di Pilkada, KPU Mulai Gencar Sosialisasi

Anggota KPU NTB Yan Marly

Mataram (Global FM Lombok)- KPU Provinsi NTB mulai melakukan sosialisasi kepada sejumlah kelompok masyarakat menjelang pelaksanaan Pilkada serentak bulan Juni 2018 mendatang. Rabu (30/08) pagi, KPU menggelar sosialisasi kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi, tokoh pemuda dan kepada sejumlah organisasi kemasyarakatan di NTB.

Ketua Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU NTB, Yan Marly mengatakan, partisipasi masyarakat di Pilkada serentak tahun depan diharapkan lebih tinggi. Adapun jumlah partisipasi masyarakat NTB pada pemilu pemilu sebelumnya sekitar 76 persen atau lebih tinggi dari rata rata nasional. Meski terbilang cukup tinggi, namun sebanyak 24 persen masyarakat yang belum menyalurkan hak suaranya harus diberikan ruang serta edukasi yang bagus.

“Partisipasi masyarakat kita kalau persentasenya sekitar 76 persen. Masih terdapat 24 persen yang mungkin masih belum menggunakan hak pilihnya, ada yang masih apatis dengan pemilu” kata Yang Marly.

KPU NTB mengajak masyarakat untuk secara aktif mendaftarkan dirinya kepada petugas di lapangan jika mereka belum terdaftar di KPU sebagai daftar pemilih.

KPU NTB juga menyasar pemilih pemula yang jumlahnya sekitar 20 persen dari total warga yang memiliki hak pilih dalam pemilu. Jika para pemilih pemula ini mampu diedukasi dengan baik dan mereka  menggunakan hak pilihnya, maka angka partisipasi di Pilkada NTB akan semakin meningkat.( ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply