Perusahaan Kosmetik Rumput Laut Akan Segera Beroperasi

rumput laut ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)- Saat ini pembangunan perusahaan kosmetik dengan bahan dasar rumput laut hampir  rampung. Industri tersebut berlokasi di Banyumulek Kabupaten Lombok Barat. Ditargetkan, mesin pembuat kosmetik tersebut akan dibawa ke lokasi bangunan pada bulan September mendatang.

Hal itu Dikatakan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Lalu Hamdi kepada Global FM Lombok di Mataram. Ia mengatakan, produksi kosmetik dengan bahan dasar rumput laut ini dilakukan karena melihat produksinya yang cukup tinggi. Dalam satu kali produksi, rumput laut yang akan digunakan yaitu mencapai 500 kg. Pada saat pengoperasian perusahaan tersebut, Pemprov NTB akan mengutamakan tenaga kerja lokal melalui seleksi.

“Sekarang masih dalam tahap finishingnya. Insya allah pada bulan September mesinya akan dibawa. Mesinya dari Bandung. Tenaganya dari lokal akan diseleksi besok. Tapi yang paling inti komuditas rumput laut itu bisa diolah di daerah. Kita akan sosialisasi ke hotel-hotel, bahwa di NTB Lombok ini hotel cukup banyak. Akan ada sosialisasi kosmetik yang diproduksi oleh perusahaan kosmetik ini,”katanya

Dia menyebutkan, dengan beroperasinya perusahaan kosmetik yang berbahan rumput laut jumlah tenaga kerja yang bisa terserap yaitu sebanyak 15 – 20 orang. Tujuan pembangunan perusahaan ini agar rumput laut bisa diolah menjadi lebih beragam tidak saja sebagai makanan.

Hasil dari produksi tersebut lanjut Hamdi, Pemprov NTB akan melakukan sosialisasi produk ke hotel-hotel yang ada. Karena jumlah hotel berbintang di NTB cukup banyak baik di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara dan Kota Mataram.Sementara terkait rencana membuka industri olahan rumput laut di tempat lain, Lalu Hamdi menegaskan saat ini akan difokuskan di Banyumulek saja.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply