Pertuni Minta KPU Masuk Sosialiasi Ke Kelompok Tuna Netra

Fitri, Ketua Pertuni NTB

Mataram (Global FM Lombok)- KPU Provinsi NTB maupun KPU kabupaten kota diharapkan memberikan sosialisasi kepada kelompok disabilitas atau orang berkebutuhan khusus terutama untuk pemilih yang tuna netra. Sosialisasi harus dilakukan agar mereka lebih mudah ikut memenuhi hak politiknya di setiap pemilu.

Hal itu disampaikan Ketua Persatuan Tuna Netra Indonesia ( Pertuni) NTB Fitri Nugraha Ningrum kepada Global FM Lombok, Kamis (24/08). Ia mengatakan, Pertuni NTB memiliki anggota yang lebih dari 200 orang. Namun diluar itu, jumlah pemilih  yang tuna netra yang memiliki hak suara dalam pemilu sangat banyak, sehingga penyelenggara pilkada harus masuk ke komunitas ini.

Fitri mengatakan, selama pelaksanaan pemilu, penyandang disabilitas sudah sering ikut pemilu. Namun yang diinginkan oleh Pertuni adalah surat suara yang sama dengan orang normal. Caranya adalah surat suara tersebut memiliki bagian yang timbul, sehingga pemilih tuna netra bisa mencoblos surat suara dengan baik.

Secara umum, KPU diharapkan memperhatikan sejumlah fasilitas yang memudahkan kelompok disabilitas dalam memililih. Misalnya lokasi TPS yang harus akses, pintu keluar masuk TPS harus layak, meja bilik, dan beberapa fasilitas lainnya yang memudahkan mereka untuk memilih di TPS.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply