Harga Hewan Kurban di Mataram Naik Rp 1 Juta Per Ekor

Hewan kurban di Mataram

Mataram (Global FM Lombok)-  Harga hewan kurban di sejumlah titik penjualan hewan kurban di Kota Mataram, naik menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2017 ini. Kenaikan harga hewan kurban ini sekitar Rp 1 juta sampai Rp 2 juta per ekor.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Mataram, H. Mutawalli di Mataram. Ia mengatakan, biasanya sapi yang layak kurban bisa dibeli dengan harga Rp 10 juta per ekor. Namun sekarang, harganya sudah naik menjadi Rp 11 juta. Begitu pula dengan sapi ukuran sedang yang biasanya bisa dibeli seharga Rp 11 juta sekarang ini naik menjadi Rp 12 juta. Hal yang sama juga terjadi dengan hewan kurban jenis kambing.

“Harga naik sekarang. Kalau biasanya kan Rp 11-12 juta dapat kita, sapi yang ukuran sedang. Atau yang mau yang layak kurban Rp 10 juta juga bisa. Sekarang tidak dapat, yang Rp 10 juta naik jadi Rp 11 juta, yang Rp 11 juta naik jadi 12, merangkak naik Rp 1 juta. Kambing juga sama, kambing yang Rp 2 juta, Rp 3 juta itu sudah cukup besar. Sekarang yang Rp 3 juta saja itu syarat kurban saja, tidak terlalu besar dapatnya. Sudah naik dia”,katanya.

Dikatakan, meski harga hewan kurban ini meningkat namun tetap dibeli oleh masyarakat untuk berkurban di Hari Raya Idul Adha. Biasanya, kambing-kambing yang dijual untuk berkurban tersebut, dibeli sebulan sebelumnya oleh pengusaha dari para peternak. Menurutnya, naiknya harga hewan kurban tahun ini karena biaya pakan dan perawatan hewan yang mahal. (dha)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply