Atasi Krisis Air Bersih, Bupati Lombok Timur Manfaatkan Dam Pandan Duri

Warga sedang ambil air bersih di musim kemarau

Mataram (Global FM Lombok)- Setiap musim kemarau, sejumlah kecamatan di Kabupaten Lombok Timur mengalami kekeringan yang berakibat  pada terjadinya krisis air bersih. Penanganan jangka panjang yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Lombok Timur terhadap persoalan krisis air bersih yaitu membangun instalasi air bersih Dam Pandan Duri.

Hal itu dikatakan Bupati Kabupaten Lombok Timur, Ali Bin Dahlan kepada Global FM Lombok Rabu (23/08) di Mataram. Ia mengatakan, pembangunan instalasi tersebut dilakukan pada tahun 2017 ini dengan total anggaran mencapai Rp  27 miliar. Saat ini pembangunan instalasi air bersih tersebut masih dalam tahap pemasangan. Sehingga belum bisa dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat. Selain itu, dia menilai masyarakat sudah mampu untuk menangani kekeringan yang terjadi setiap tahun dengan berbagai cara. Krisis air bersih biasa terjadi di bagian selatan Kabupaten Lombok Timur seperti di Kecamatan Jerowaru.

Selain itu penanganan kekeringan yang dilakukan Pemprov NTB selama ini sudah cukup bagus. Ia membantah, jika krisis air bersih yang terjadi di Lotim berdampak terhadap peningkatan angka kemiskinan. Selama ini, penanganan krisis air bersih dilakukan dengan cara mendroping air bersih kepada warga. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB, kekeringan yang terjadi di NTB berdampak pada krisis air. Untuk di Kabupaten Lombok Timur, jumlah desa yang terdampak yaitu sebanyak 48 desa di sembilan kecamatan dengan 51 ribu KK.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply