judul gambar

Kloter 6 Kabupaten Lombok Tengah, JCH Usia Lanjut Usia Mencapai 60 persen

Jamaah Calon Haji (dok)

judul gambar

Mataram (Global FM Lombok)- Sebanyak 450 orang Jamaah Calon Haji (JCH) kloter 6 Kabupaten Lombok Tengah akan berangkat ke Tanah Suci tanggal 20 Agustus pagi. Dari ratusan JCH tersebut sebanyak 60 persen lebih merupakan JCH yang lanjut usia.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Mataram, dr. I Wayan Diantika kepada Global FM Lombok Sabtu (19/08) di Asrama Haji NTB. Ia mengatakan, petugas tidak bisa memastikan semua JCH asal kloter 6 tersebut bisa diberangkatkan ke Tanah Suci atau tidak . Karena hal itu akan ditentukan setelah pemeriksaan kesehatan oleh petugas. Pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan secara menyeluruh. Dimana, semua JCH akan di screening  terlebih dahulu. Sehingga akan terjelas penyakit yang diderita. Seperti data yang diterima KKP Mataram, sebanyak 20 JCH kloter 6 tersebut mengidap penyakit tertentu.

“Kloter 6 kita masih dalam tahap proses pemeriksaan. Nanti jamaah kita akan periksa satu persatu. Untuk mengetahui kesehatan terakhir. Untuk bisa dinyatakan laik atau tidaknya terbang. Data yang sudah masuk selama ini untuk kloter ini memang lebih dari 60 persen usia lanjut dan 20 persen itu dengan sakit.

Dikatakan Diantika, sejumlah JCH yang berusia dibawah 60 tahun mengidap penyakit. Pemeriksaan kesehatan di Asrama Haji merupakan pemeriksaan terakhir yang akan dilakukan oleh petugas kepada semua JCH. Hasil dari pemeriksaan tersebut, akan diberikan kepada petugas yang mendampingi JCH. Sehingga, JCH yang mengidap penyakit agar bisa diberikan perhatian yang lebih. Sementara untuk JCH yang lanjut usia dan mengidap penyakit, pengawasan yang dilakukan lebih diperketat sehingga harus ada pendamping khusus.

Seperti diketahui jumlah petugas kesehatan yang bertugas di embarkasi Lombok yaitu sebanyak 60 orang.”Dari pemeriksaan awal itu kita bisa tahu, jamaah ini sehat atau bermasalah. Nah itu begitu bermasalah, masalahnya apa kita sudah siapkan dokter,”ujarnya.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply