Warga NTB Optimis Ekonomi Rumah Tangga Membaik di Triwulan III

Kepala BPS NTB Endang Tri Wahyuningsih

Mataram (Global FM Lombok)- Warga NTB masih optimis bahwa kondisi ekonomi rumah tangga akan terus membaik di triwulan III tahun 2017 ini. Hal itu terlihat dari hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) NTB melalui Indeks Tendensi Konsumen (ITK). Keyakinan konsumen akan peningkatan pendapatannya di triwulan mendatang diindikasikan dengan Indeks Pendapatan Mendatang sebesar 119,73.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB Endang Tri Wahyuningsih saat memberikan rilis pertumbuhan ekonomi di kantornya, Senin (7/8) siang. Ia mengatakan, berdasarkan hasil survei yang dilakukannya,  rencana investasi masyarakat di triwulan III-2017 berkurang dibandingkan triwulan II-2017, perilaku konsumen ini diindikasikan oleh indeks rencana pembelian barang tahan lama, rekreasi, dan hajatan sebesar 83,67. Masyarakat juga lebih banyak menghabiskan dana yang dimilikinya untuk biaya pendidikan seiring dengan sudah dimulainya proses belajar mengajar di sekolah.

170807 – Indek Tendesi Konsumen

Berdasarkan perkembangan perekonomian di NTB, konsumen memprediksi bahwa kondisi ekonominya di triwulan III-2017 akan lebih baik dari Triwulan II-2017, namun dengan optimisme yang sedikit lebih rendah dari optimisme di triwulan sebelumya. Optimisme ini digambarkan oleh Indeks Perkiraan ITK Triwulan Mendatang yang bernilai 106,63.(ris)

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply