Calon Panwaslu Kabupaten Kota Jalani Uji Kelayakan

fit nad proper test yang dilakukan oleh Bawaslu NTB

Mataram (Global FM Lombok)- Calon anggota panwaslu kabupaten kota di NTB sedang menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test. Kegiatan berlangsung di Mataram dari tanggal 4 – 6 Agustus mendatang. Setiap calon anggota panwaslu memiliki waktu sekitar 30 menit untuk menjalani uji kelayakan ini dihadapan tiga orang pimpinan Bawaslu NTB.

Pimpinan Bawaslu NTB Bambang Karyono Global FM Lombok, Jumat (4/8) mengatakan, sebanyak 60 calon anggota panwaslu kabupaten kota menjalani fit and proper test selama tiga hari kedepan. Masing-masing kabupaten kota memiliki enam calon yang telah disodorkan oleh pansel, selanjutnya pimpinan Bawaslu NTB akan memilih tiga orang yang menjadi anggota panwaslu di setiap kabupaten kota.

Menurutnya, ada beberapa  kreteria yang diperhatikan oleh pimpinan Bawaslu NTB untuk menentukan calon anggota panwaslu terpilih. Sejumlah kreteria itu adalah penguasaan materi, strategi pengawasan, kecakapan penguasaan kepemiluan, integritas, pengetahuan lokal, kerjasama tim serta kualitas kepemimpinan.

Pihaknya tidak hanya menguji pemahaman calon anggota panwaslu, namun akan dilihat juga sejauhmana integritas mereka dalam melakukan pengawasan. Rekam jejak 60 calon anggota panwaslu ini juga dilihat untuk memastikan orang yang menduduki jabatan pengawas pemilu adalah orang yang tepat.

“Tentu  kami memiliki kemampuan untuk menilai sejauhmana integritasnya. Kita tidak hanya memperhatikan apa saja yang diucapkan, namun track record atau rekam jejaknya mereka ada di kita,” katanya.

Bawaslu NTB juga menerima laporan dari masyarakat terkait dengan rejam jejak calon anggota panwaslu kabupaten kota. Di kesempatan fit and proper test itulah, pimpinan Bawaslu melakukan klarifikasi  terhadap yang bersangkutan.” laporan dari masyarakat itu bukan menjadi penentu, namun hanya sebagai bahan pertimbangan kami,” ujarnya.

Bawaslu NTB berencana  akan mengumumkan hasil fit and proper test pada minggu ketiga di bulan Agustus ini. Pengumuman akan langsung dibarengi dengan proses pelantikan anggota panwaslu kabupaten kota di NTB.(ris)-

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply