Perda Penyelenggaraan Keolahragaan Jadi Pemacu Target 17 Medali Emas PON Papua

HMNS.-Kasdiono

Mataram ( Global FM Lombok)- Provinsi NTB membuat target cukup tinggi pada penyelenggaraan PON ke XX yang akan berlangsung di Papua tahun 2020 mendatang. Target perolehan medali emas mencapai 17 medali. Hadirnya Perda No 3 /2017 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan menjadi pemacu tercapainya target perolehan medali tersebut.

Pimpinan Komisi V Bidang Olahraga DPRD NTB, M.N.S Kasdiono dalam acara sosialisasi tiga buah Perda yang berlangsung di Mataram, Selasa (1/8) mengatakan, perda tentang Penyelenggaraan Keolahragaan ini berisi 18 bab dan 59 pasal. Beberapa substansi Perda ini antara lain pembinaan dan pengembangan olahraga rekreasi, pengembangan olahraga prestasi, pembinaan dan pengembangan olahragawan, dan puluhan substansi penting lainnya.

Ia mengatakan, pada PON tahun tahun sebelumnya, ada beberapa atlet berprestasi asal NTB membela provinsi lain dan berhasil meraih medali emas. Misalnya di PON tahun 2012 lalu, ada tiga atlet asal NTB yang membela Provinsi Jawa Barat dan memperoleh medali emas. Hal itu bisa terjadi karena pemerintah daerah pada saat itu tidak memproteksi atlet sehingga membela daerah lain. Dalam perda pengelolaan keolahragaan ini, terdapat beberapa upaya untuk memproteksi atlet dalam daerah berupa pemberian reward atau penghargaan yang memadai.

 

Beberapa jenis penghargaan yang diberikan kepada atlet berprestasi antara lain dalam bentuk pekerjaan, beasiswa, kesejahteraan dan bentuk penghargaan lainnya. Dalam Perda itu juga, peran masyarakat dan dunia usaha didorong agar ikut berkontribusi membina dan memajukan olahraga serta mensejahterakan atlet.

Tidak lupa juga, Perda olahraga ini mengatur olahraga disabilitas atau orang dengan berkebutuhan khusus. Atlet yang disabel dibina dan diselenggarakan pada lingkup olahraga, pendidikan, rekreasi dan prestasi.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply