Tunjangan Wakil Rakyat Naik,, Ketua Dewan Minta Jangan Terlalu Banyak Spekulasi

H Didi Sumardi

Mataram (Global FM Lombok)- Ketua DPRD Kota Mataram, H. Didi Sumardi meminta semua pihak agar jangan banyak berspekulasi terkait rencana kenaikan tunjangan angota dewan. Ia tidak menutup mata terhadap banyaknya kritikan menyusul rencana kenaikan tunjangan untuk para wakil rakuat tersebut. Namun, kenaikan tunjangan bulanan ini bukan semata-mata keinginan kalangan dewan, melainkan amanat dari Peraturan Pemerintah (PP) No 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD.

Hal itu dikatakan Ketua DPRD Kota Mataram, H. Didi Sumardi di Pendopo Walikota Mataram, Rabu (12/7) siang. Ia juga mengatakan bahwa tunjangan dewan ini tidak pernah disesuaikan selama 12 tahun. Padahal, UU mengatur bahwa tunjangan anggota dewan ini harus disesuaikan setidaknya selama satu periode.  Karena itu, semua pihak semestinya memahami bahwa rencana kenaikan tunjangan ini sebagai penataan system kelembagaan Negara secara nasional yang melingkupi eksekutif dan legislative.

“Sudah ada PP yang mengatur kenaikan tunjangan dewan tersebut. Ini bukan keinginan dewan semata. Tapi ini adalah produk dari pemerintah secara nasional yang dilakukan oleh presiden yang arahanya adalah penataan.  Jadi jangan banyak berspekulasi karena Raperda tentang kenaikan tunjangan itu juga belum disahkan.  Amanah PP itu, tiga bulan harus sudah selesai Perdanya”,katanya.

Didi Sumardi mengatakan, jika ada kritik dari sejumlah pihak terkait kenaikan tunjangan yang harus diimbangi dengan peningkatan kinerja, hal itu menurutnya akan benar-benar diperhatikan. Menurutnya, tanpa kenaikan tunjangan pun, kinerja dewan kota sejauh diklaim  cukup baik. Indikatornya adalah dewan Kota Mataram termasuk ke dalam lembaga legislative yang produktif secara nasional.

“Tapi tentu produk itu harus berkontribusi pada pemerintah daerah dan kemaslahatan masyarakat. Masyarakat banyak menuntut kalau terjadi kenaikan harus dibarengi dengan kinerja. Ok. Saya akan betul-betul mendengarkan itu”,katanya. (dha)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply