Kebangkan Potensi Laut, Provinsi NTB Akan Bangun SMK Kelautan

smk kelautan

Mataram (Global FM Lombok)- Pada tahun 2018 mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB akan membangun sejumlah SMK di beberapa lokasi. Pembangunan SMK baru ini untuk mengembangkan kemampuan khusus kelautan, mengingat potensi hasil laut di NTB sangat tinggi.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, H. Moh. Suruji kepada Global FM Lombok di Mataram. Ia menyebutkan, pembangunan SMK baru yang akan dimulai dari satu unit SMK masing-masing di pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Pembangunan SMK ini akan difokuskan di kawasan-kawasan pesisir pantai. Saat ini lahan milik Provinsi NTB yang berada di kawasan pantai yaitu di Meninting Kabupaten Lombok Barat. Anggaran yang dibutuhkan cukup besar yaitu mencapai Rp 3 miliar untuk satu unit bangunan sekolah. Beberapa fasilitas yang akan disiapkan seperti fasilitas pelayaran, penangkap ikan dan pengolahan ikan.

Ditambahkan Suruji, pembangunan SMK ini akan disesuaikan dengan lahan yang sudah ada. Penambahan SMK ini untuk memenuhi rasio antara jumlah SMA dan SMK. Dimana, berdasarkan keinginan dari pemerintah pusat, rasio antara SMA dan SMK yaitu 60 persen SMK  dan SMA 40 persen. Sementara saat ini, rasio antara SMA dan SMK di Provinsi NTB yaitu 70 persen untuk SMA dan 30 persen untuk SMK.

Provinsi NTB menargetkan, rasio antara SMK lebih tinggi jika dibandingkan dengan SMA. Penambahan jumlah SMK ini agar bisa mengakomodir usia-usia produktif sehingga bisa memiliki keterampilan.(azm)-

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply