317 Orang Calon Anggota Panwaslu Kabupaten Kota Jalani Tes Tulis

panwaslu

Mataram (Global FM Lombok)- Sebanyak 317 orang calon anggota Panwaslu Kabupaten Kota di NTB mengikuti tes tulis, Kamis (13/7) pagi di Mataram dan Kota Bima. Tes tulis dilakukan setelah panitia seleksi melakukan seleksi terhadap berkas lamaran yang dikirimkan oleh para calon anggota panwalsu bulan Juni lalu. Usai tes tulis, mereka akan mengikuti tes wawancara pada tanggal 23 – 30 Juli mendatang.

Hal tersebut disampaikan Anggota Timsel Panwaslu Kabupaten Kota  Veri Junaidi kepada Global FM Lombok, Kamis (13/7) di Mataram. Ia mengatakan, calon yang akan mengikuti tes wawancara adalah mereka yang sudah dinyatakan lulus pada tes tulis. Tim seleksi akan menyerahkan enam orang nama calon Panwaslu untuk setiap Kabupaten Kota kepada Pimpinan Bawaslu NTB. Nantinya pimpinan Bawaslu NTB yang akan memilih tiga orang anggota Panwaslu Kabupaten Kota untuk mengawal pilkada 2018.

“Di tes wawancara itu kita akan plenokan dua kali lipat dari yang dibutuhkan, karena Panwaslu itu tiga orang, maka enam orang yang akan diserahkan. Orang-orang yang terbaik yang kita serahkan kepada Bawaslu dan akan dilakukan fit and proper test.” kata Veri.

Veri Junaidi mengatakan, Panwaslu kini memiliki kewenangan yang lebih luas jika dibandingkan dengan kewenangan yang diberikan pada pemilu sebelumnya. Kini Panwaslu diberikan wewenang untuk memutus sengketa Pilkada yang terkait dengan pasangan calon. Panwaslu bisa menggugurkan pencalonan pasangan calon tertentu jika dianggap melanggar aturan. Karena itu, Tim seleksi akan memilih calon anggota Panwaslu yang memiliki kapasitas dan kredibitas yang tinggai dalam bidang pengawasan Pilkada.(ris)-

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply