Tes Urin untuk Arus Mudik, Satu Pilot dan Supir Bus Positif Konsumsi Narkoba

Hasis

Mataram (Global FM Lombok)- Untuk memastikan keamanan  dan keselamatan saat arus mudik, BNN Provinsi NTB melakukan tes urin untuk semua awak angkutan. Tes urin yang digelar tanggal 21 Juni lalu, BNN Provinsi NTB menemukan salah seorang pilot maskapai penerbangan Lion asal Mumbai India berinisial RS positif mengkonsumsi narkoba jenis hasis.

Hal itu diungkapkan Kepala BNNP NTB, Brigjen Pol Sukisto kepada Global FM Lombok Kamis (22/01) di Mataram. Ia mengatakan, setelah dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba, petugas juga melakukan penyelidikan dari barang-barang yang dimiliki. Hasil dari penyelidikan tersebut petugas menemukan lima gram narkoba jenis hasis. Pilot tersebut langsung diamankan dan saat ini sudah diserahkan ke BNN pusat untuk ditindaklanjuti. Karena, jumlah obat terlarang yang dibawa sudah termasuk tindak pidana.

“Agar yang mudik bisa berjalan aman dan selamat, maka kita melakuan tes urin kepada awak-awak operator baik itu kapal, pesawat, bus-bus agar kita bisa menjamin soadar kita yang mudik bisa sampai tujuan dengan selamat. Kemarin tanggal 21 Juni kita mengecek untuk crew pesawat, pilot termasuk secara random penumpang. Nah kemarin itu salah satu pilot yang di tes itu positif narkoba,”ungkapnya

Dengan ditemukanya, pilot yang mengkonsumi narkoba ini dipastikan tidak akan mempengaruhi penerbangan. Tes urin selama mudik ini akan tetap berlanjut sampai H+7 hari raya Idul Fitri. Sementara itu untuk di terminal Mandalika, Kota Mataram seorang pengemudi angkutan berinisial J, dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba.

Hal itu diketahui setelah Ditresnarkoba Polda NTB dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi NTB, menggelar tes urine dadakan kepada semua pengemudi angkutan mudik pada Kamis, (22/6) siang di Terminal Mandalika. Saat itu, sebanyak 22 orang pengemudi menjalani tes urine dan J terbukti memakai narkoba ketika akan mengemudikan kendaraan mudik.(azm)-

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply