Kurtubi Kembali Dorong Provinsi NTB Kembangkan PLTN

Dr Kurtubi

Mataram (Global FM Lombok)- Anggota Komisi VII Bidang Energi DPR RI Dr Kurtubi kembali mendorong Pemerintah provinsi NTB agar mempersiapkan persyaratan untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). PLTN dinilai menjadi solusi bagi kebutuhan energi listrik di Provinsi NTB lima hingga 10 tahun kedepan.

Hal tersebut disampaikan Kurtubi saat melakukan kunjungan kerja perorangan di kantor Gubernur NTB, Kamis (22/6) pagi. Kurtubi mengatakan, PLTN cocok dikembangkan di pulau kecil atau gili yang banyak tersebar di sekitar Lombok dan Sumbawa.

Anggota DPR RI Dapil NTB ini mengatakan, Provinsi NTB membutuhkan banyak energi listrik di masa yang akan datang, terlebih dengan dibangunnya KEK Mandalika, rencana pengembangan Global Hub di Lombok Utara, industri Smelter di Pulau Sumbawa dan sejumlah investasi lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan energi yang sangat besar itu, tidak bisa hanya mengandalkan bembangkit tenaga uap atau tenaga diesel. Karena itu tenaga nuklir menjadi alternatif yang sangat penting untuk dikembangkan.

Menurutnya, negara-negara maju sudah meninggalkan pembangkit listrik bertenaga bahan bakar fosil dan batu bara. Mereka sudah mengembangkan PLTN seperti di Negara-negara Timur Tengah semisal Uni Emirate Arab, Saudi Arabia, Jordania dan lainnya. (ris)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply