Puluhan Ribu Calon Mahasiswa Diterima di 56 PTKIN

Mahasiswa baru(ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)- Panitia Seleksi Prestasi Akademik Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN), menetapkan sebanyak 39 ribu lebih perseta ujian diterima sebagai calon mahasiswa yang tersebar di 56 perguruan tinggi islam di Indonesia.

Hal itu dikatakan Ketua umum Panitia SPAN-UM PTKIN 2017, H. Abd A’la kepada wartawan di Senggigi Lombok Barat. Ia mengatakan, puluhan ribu mahasiswa  yang diterima diambil dari 82 ribu lebih peserta yang menikuti ujian pada akhir Mei lalu. Saat ini nilai ujian mengalami peningkatan. Dimana, nilai maksimal yang bisa diraih peserta di masing-masing kelompok nilai yaitu 800.

Dengan peningkatan nilai ini menurut A’la,  menjadi salah satu indikator kenaikan kualitas calon mahasiswa. Sehingga, pengelola PTKIN harus berupaya untuk meningkatkan kualitas lembaganya. Pada tahun ini, jumlah peserta ujian masuk PTKIN meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu sebesar 4,5 persen.

Sementara itu, menurut koordinator kesekretariatan SPAN-UM PTKIN, Syamsul Huda, peserta yang terdaftar bidikmisi akan melalui beberapa tahapan seleksi untuk dinyatakan layak menerima atau tidak. Selain verifikasi administrasi, panitia juga akan melakukan verifikasi factual.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply