Sidak di Pasar Mandalika, Harga Sembako Diklaim Stabil

Sembako dan sayuran

Mataram (Global FM Lombok)- Memasuki hari ke empat bulan Ramadan, Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, Lalu Alwan Basri menggelar inspeksi mendadak atau sidak di pasar Mandalika Kota Mataram, Selasa (30/5) pagi. Sidak dilakukan untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok serta kestabilan harga selama Ramadan.  Dari hasil pantauan yang dilakukan, harga sembako, daging maupun sejumlah komoditas  seperti bumbu dapur diyakini relatif stabil.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, Lalu Alwan Basri di sela-sela sidak tersebut mengatakan, pemerintah akan mengupayakan agar stabilitas harga tetap terjaga. Hal itu didukung oleh kebijakan nasional tentang stabilitas harga dan ketersediaan kebutuhan pokok. Selain itu, keberadaan Satgas Pangan dari Polda NTB sangat berkontribusi untuk menjaga stabilitas pangan ini saat bulan Ramadan. Namun demikian, pihaknya juga akan tetap melakukan pemantauan terhadap harga kebutuhan pokok dan komoditas agar tidak terlalu tinggi.

“Seperti tomat ini kemarin harganya naik sekarang sudah mulai turun. Yang biasanya Rp 6000 naik menjadi Rp 7 ribu tergantung permintaan. Kalau yang lain-lain, saya lihat daging stabil, daging masih di kisaran Rp 120 ribu per kg.  Kemudian, cabai, bawang juga sudah stabil. Ini kan sudah dari pusat, ini sudah intruksi dari menteri, ada Satgas pangan juyga kita lihat dampaik positifnya. Kita juga diminta terus pantau harga ini agar tidak terlalu tinggi harganya”,katanya.

Adapun harga sejumlah kebutuhan  pokok  di pasar Mandalika Kota Mataram, untuk beras kualitas premium harganya Rp 9 ribu per kg dan Rp 7.500 per kg untuk kualitas medium. Kemudian daging ayam sekitar Rp 34 ribu sampai Rp 35 ribu per kg dan daging sapi sekitar Rp 115 ribu sampai Rp 150 per kg. Sementara itu, harga minyak goreng Rp 12.500 per liter dan telur Rp 40 ribu per trai. Adapun untuk bumbu dapur, harga cabai merah  Rp 50 ribu per kg, bawang merah Rp 13 ribu per kg dan bawang putih Rp 33 ribu per kg. (dha)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply