Pemkot Mataram Buka Layanan Aspirasi dan Pengaduan Secara Online

birokrasi

Mataram (Global FM Lombok)- Pemkot Mataram melalui Dinas Komunikasi dan Informatika membuka Layanan Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat Online Rakyat (LAPOR). Sistem ini untuk mendorong masyarakat agar lebih berani mengkritisi maupun menyampaikan aspirasinya terhadap pelayanan dan pembangunan publik.  Pemkot Mataram menjamin bahwa apa yang menjadi keluhan maupun aspirasi masyarakat akan langsung ditindaklanjuti melalui sistem LAPOR ini.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram, Efendi Eko Saswito usai membuka Sosialisasi dan Bimtek pelayanan aplikasi LAPOR di Mataram, Senin (22/5). Ia mengatakan, sistem LAPOR ini secara koordinatif langsung terhubung dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemPAN dan RB). Karenanya, apa yang menjadi keluhan maupun aspirasi masyarakat itu akan menjadi penilaian kinerja Pemkot kalau diabaikan.

“Kan ini langsung terhubung ke Kemen PAN dan staf kepresidenan. Jadi itu mungkin bagian dari penilaian mereka kepada kami khususnya di daerah. Apakah kami bisa menindaklanjuti atau tidak pengaduan itu. Yang jelas sistem yang dibangun ini adalah bagian dari bentuk komitmen dari pemerintah Kota Mataram untuk terus menjaring aspirasi masyarakat secara optimal”,katanya.

Rencananya, sistem LAPOR ini akan dilaunching pada tanggal 31 Agustus mendatang saat peringatan HUT Kota Mataram. Sedangkan sosialisasi akan mulai dilakukan dari sekarang hingga tiga bulan ke depan. Ia berharap ketika dilaunching, masyarakat sudah mengetahui terkait sistem LAPOR ini. Pasalnya, pemanfaatan sistem ini bukan hanya kesiapan internal pemerintah daerah untuk mengelola pengaduan, Namun bagaimana masyarakat juga memanfaatkan sistem aduan tersebut.

LAPOR adalah sistem aplikasi pengelolaan pengaduan berbasis media sosial pertama, yang mengedepankan prinsip mudah dan terpadu. Dalam platform LAPOR, masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduannya melalui berbagai kanal, antara lain SMS 1708, situs www.lapor.ukp.go.id, mobile apps Android dan Blackberry, serta media sosial Twitter @LAPOR1708 dan Facebook LAPOR.

 

“Itu makanya kita akan adakan sosialisasi dan teknis agar yang mengelola ini benar-benar paham”,ujarnya. (dha)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply