Nilai Hasil UNBK Dinilai Lebih Baik Dibandingkan UNKP

UNBK ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)- Pemprov NTB melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) belum bisa membeberkan hasil kelulusan UN SMA/SMK yang diumumkan pada Selasa, 2 Mei 2017 ini. Pasalnya, data hasil kelulusan tersebut berada di masing-masing sekolah dan belum dilaporkan ke Dikbud NTB. Namun, nila rata-rata siswa menunjukkan bahwa hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) lebih baik dibandingkan dengan hasil Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Hal itu dikatakan Sekretaris Dikbud Provinsi NTB, H.Syukron di Mataram, Selasa (2/5) siang. Ia menyebutkan, rata-rata nilai tertinggi UNKP untuk SMK adalah 176, 99.  Sementara rata-rata nilai tertinggi untuk UNBK adalah  372,5. Adapun untuk UNKP tingkat SMA, nilai rata-ratanya dibagi berdasarkan jurusan, yakni jurusan bahasa Indonesia sebesar 253,58 dan IPA sebesar 217,69. Sedangkan untuk UNBK jurusan bahasa Indonesia adalah 285,78, IPA 270 dan IPS 263. Ia memperkirakan, hasil UN itu akan diketahui sekitar lima hari ke depan. Pasalnya, data tersebut bukan hanya data kelulusan sekolah negeri namun juga swasta.

“Jadi lebih tinggi dari rata-rata yang UNKP dan yang tertingi adalah 372,5 itu untuk UNBK. Kita tidak menargetkan kelulusan siswa 100 persen. Namun, tapi hasil UN tahun ini bakal meningkat karena sekolah sudah mempersiapkan UN ini dengan sebaik-baiknya.  Sehingga seluruh siswa yang mengikuti UN diharapkan  bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi” ujarnya.

Ia mengatakan, mekanisme pengumuman hasil UN ini diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah. Dimana, ada sekolah yang menyerahkan langsung hasil UN itu kepada orang tua melalui kepala desa seperti sekolah di Narmada, ada yang sore hari dan ada juga yang mengumumkan lewat website. Pihaknya juga belum melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait dengan pelaksanaan UN ini. Namun, ia meyakini bahwa pelaksanaan UN tahun ini lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. “Meskipun terdapat isu bahwa ada pengawas ujian yang membawa HP ke dalam ruang ujian ya”,katanya. (dha)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply