Pemkot Mataram Akan Bantu IKM Berlabel Halal Resmi

halal MUI

Mataram (Global FM Lombok)- Jumlah Industri Kecil Menengah (IKM) yang sudah memiliki label halal resmi dari pemerintah Kota Mataram yaitu sebanyak 170 industri. Angka ini sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah IKM di Kota Mataram yang mencapai 13 ribu industri. Dengan persoalan tersebut, pemkot Mataram akan membantu IKM di Kota Mataram untuk mendapatkan label halal resmi dari Majelis Ulama Indonesia.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kota Mataram Yance Hendra Dira kepada Global FM Lombok Rabu (26/04) di Mataram. Ia menyebutkan, pada tahun ini jumlah IKM yang akan dibantu untuk mendapatkan label halal yaitu sebanyak 120 industri. Anggaran yang akan digunakan tidak saja besumber dari pemkot Mataram, melainkan pemprov NTB dan pemerintah pusat. Sebelumnya, pemkot Mataram sudah memberikan pelatihan yang menyasar industri rumah tangga.

Setelah pelatihan ini, dalam waktu dekat Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM Kota Mataram akan mengusulkan pemberian label halal kepada MUI. Namun sebelumnya, IKM tersebut akan diseleksi terlebih dahulu dengan melibatkan Dinas Kesehatan dan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan. Jika hasil pemeriksaan tersebut sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan label halal, maka akan langsung diajukan kepada MUI.(azm)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply