Gubernur: Rinjani Berpeluang Besar Jadi Geopark Dunia

Gubernur: Rinjani Berpeluang Besar Jadi Geopark Dunia
Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Mataram (Global FM Lombok)-Gubernur NTB TGH.M.Zainul Majdi mengatakan, Pemprov NTB akan memperbaiki semua catatan yang diberikan oleh UNESCO terkait penetapan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) sebagai geopark dunia. Semua catatan itu akan diperhatikan semaksimal mungkin dalam jangka waktu dua tahun, sesuai batas waktu yang diberikan oleh UNESCO.

Hal itu dikatakan gubernur NTB TGH. M.Zainul Majdi di Mataram. Ia mengatakan, Rinjani masih memiliki peluang besar untuk ditetapkan sebagai geopark dunia oleh UNESCO. Adapun pemerintah daerah, tetap optimis status geopark dunia itu akan terwujud meski penetapannya ini ditunda. Penundaan ini diketahui pada bulan Maret lalu saat pengumuman dari UNESCO tentang geopark nasional mana saja yang diterima menjadi global geopark.

“Kita benahi rekomendasi yang diberikan itu. Kita serius, semua rekomendasi itu kita perhatikan dan tangani dengan semaksimal mungkin. Karena ini kan tugas kita, tidak boleh ada target lain selain harus sukses.  Ada dua tahun, kita masih punya peluang besar”ujarnya.

Sebelumnya, General Manager Geopark Rinjani, Chairul Mahsul mengatakan, dari 18 geopark yang diajukan tahun 2016, beberapa diantaranya langsung diterima sebagai geopark dunia, tapi ada yang ditunda dengan catatan, dan dua geopark ditolak sehingga dianggap gugur. Sementara Geopark Rinjani sendiri statusnya ditunda, bersama enam geopark lain dari berbagai negara. Rinjani diberi waktu paling lama dua tahun untuk memperbaiki semua catatan.

Ia menyebutkan ada 10 catatan yang diberikan UNESCO untuk Geopark Rinjani, paling utama adalah Pemprov NTB diminta menjelaskan persamaan dan perbedaan Geopark Rinjani dan Geopark Gunung Batur di Bali. Khususnya tentang muatan-muatan geologi kedua geopark tersebut. Hal ini sangat penting karena karakter dua geopark ini mirip dan berdekatan. (dha)-

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply