Dinas Dukcapil Kota Mataram Berikan Pelayanan Data Kependudukan di Puskesmas

akta kelahiran ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)- Untuk mempercepat pemenuhan hak-hak anak terutama akta kelahiran, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram akan langsung memberikan pelayanan di puskesmas. Percepatan pelayanan ini sudah mulai dilakukan sejak bulan Juni tahun 2016 lalu.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram H. Ridwan kepada Global FM Lombok Rabu (19/04) di Mataram. Ia mengatakan, warga Kota Mataram yang melahirkan di puskesmas akan langsung mendapatkan kartu keluarga, akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA). Namun sebelumnya, petugas akan meminta data-data dari warga tersebut.

Program ini merupakan buah kerjasama antara Dinas Dukcapil Kota Mataram bersama RSUD dan Dinas Kesehatan Kota Mataram. Diharapkan pada tahun ini program tersebut akan mencapai angka 100 persen. Namun hal tersebut diakui tidak bisa terwujud, karena salah satu kendala yang dihadapi yaitu  tidak semua anak melahirkan di puskesmas. Sebagian warga memilih melahirkan di klinik ataupun di bidan.

Sehingga untuk melayani semua warga yang belum memperoleh akta kelahiran, Dinas Dukcapil Kota Mataram menggunakan pelayanan keliling. Karena saat ini, petugas Dukcapil belum bisa mengakomodir semua klinik yang ada di Kota Mataram karena terkendala oleh kurangnya petugas.(azm)-

 

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply