NTB Tetap Optimis Rinjani Jadi Geopark Dunia

Gunung Rinjani

Mataram (Global FM Lombok)- Pemprov NTB tetap optimis kalau Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) akan ditetapkan sebagai geopark dunia oleh UNISCO. Hal itu disampaikan General Manager Geopark Rinjani, Chairul Mahsul menyusul keluarnya 10 rekomendasi UNISCO. Rekomendasi tersebut,  salah satunya adalah kajian yang membedakan antara Rinjani dengan geopark dunia Gunung Batur yang telah lebih dulu ditetapkan oleh UNISCO.

General Manager Geopark Rinjani, Chairul Mahsul di Mataram, Rabu (12/10). Ia mengatakan, tim sedang melakukan kajian tersebut untuk memperkuat penetapan Rinjani sebagai Geopark dunia. Diperkirakan, hasil kajian itu tuntas di akhir Mei nanti sehingga tinggal dikirim ke UNISCO pada awal bulan Juni mendatang. Ia mengatakan, meski sama-sama gunung api, namun ada perbedaan antara Rinjani dengan Gunung Batur, baik itu dari sisi warisan geologi, proses letusan hingga struktur geologi sehingga menimbulkan warisan budaya.

Oleh sebab itu, pelaung Rinjani menjadi geopark dunia ini terbuka lebar dan diperkirakan tidak akan memakan waktu hingga dua tahun.

“Saya yakin besar (peluangnya), tidak perlu dua tahun. sebenarnya Cuma satu catatan dan rekomendasi yang paling kuat itu perbandingan antara Batur dengan Rinjani karena sama-sama geopark gunung api. Warisan geologinya yang berbeda karena letusannya juga berbeda sejarah letusannya berbeda, proses letusannya berbeda, struktur geologinya juga berbeda sehingga menimbulkan landskip atau warisan, beda kan”,katanya.

Adapun terkait dengan rekomendasi lainnya seperti memperluas geopark ke seluruh pulau Lombok dalam jangka waktu dua tahun, menurutnya bisa dilakukan secara bertahap. Adapun yang paling utama untuk dituntaskan adalah hasil kajian perbedaan Rinjani dan Gunung Batur. Di samping itu, sudah dilakukan penandatanganan dengan sejumlah pihak terkait seperti HPI, Asita, PHRI dan Universitas Muhamadiyah.“Salah satu catatan rekomendasi itu juga menjalin kerjasama dengan pihak terkait’,ujarnya. (dha)-

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply