Kemen ATR-BPN Dukung Pembangunan KEK Mandalika

Lalu Gita Ariadi

Mataram (Global FM Lombok)- Dukungan percepatan pembangunan KEK Mandalika Lombok terus mengalir. Setelah mendapat perhatian khusus dari Presiden Jokowi, Kementerian dan lembaga terkait juga memberikan dukungan sesuai dengan tupoksinya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi NTB Lalu Gita Ariadi kepada wartawan, Rabu (1/3) mengatakan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang /Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah menggelar rakor  terkait Mandalika, Selasa (28/2) kemarin. Rakor tersebut membahas Pengendalian Izin Pemanfaatan Ruang di sekitar KEK Mandalika.

Rakor tersebut dipimpin oleh Dirjen Tata Ruang Dr. Yuswanda Tumenggung yang diikuti oleh pejabat-pejabat utama Kemnterian ATR/BPN. Hadir pula pejabat dari pemprov NTB, pemda Lombok Tengah, Dewan Nasional KEK Mandalika dan PT.ITDC.

Menurut Gita Ariadi, dalam rakor itu berkembang pemahaman bahwa perlunya keseimbangan, keterpaduan dan harmonisasi pemanfaatan ruang di dalam kawasan pesisir pantai selatan Lombok pada umumnya. Aktifitas sosial, bisnis, sosial budaya dan pemanfaatan ruang di dalam dan luar kawasan harus mutualistik dan komplementer.

Karena itu dipandang perlu untuk menindaklanjuti RTRW yang ada dengan penyusunan RDTR setidaknya di Kecamatan Pujut dan sekitarnya sebagai daerah penyangga. Kementerian ATR/BPN dan Pemda Loteng di tahun anggaran 2017 ini sudah menyiapkan rencana kegiatan dan dukungan anggaran untuk kegiatan ini.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply