Ribuan IKM Di Kota Mataram Belum Punya Label Halal

Yance Hendra Dirra

Mataram (Global FM Lombok)- Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Mataram yang sudah memiliki label halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) yaitu sebanyak 179 Industri. Sementara, jumlah total IKM di Kota Mataram yaitu lebih dari 13 ribu. Sehingga untuk mendukung pariwisata halal di NTB, pemerintah Kota Mataram akan membantu para IKM untuk memperoleh label halal resmi dari MUI.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Mataram Yance Hendra Dira kepada Global FM Lombok di Mataram. Ia menyebutkan, jumlah IKM yang akan dibantu untuk memperoleh label halal resmi yaitu sebanyak 150 unit. Semua produk makanan yang dihasilkan Kota Mataram sudah halal dan higenis, namun yang belum dilakukan hanya pemberian label secara resmi. Sehingga, label yang digunakan oleh para pengusaha makanan olahan ini yaitu label halal sablon.

Selain bantuan pengurusan label halal, untuk memperbaiki kemasanan produk yang dihasilkan, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Mataram memberikan bantuan kemasan. Karena selama ini, kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM di Kota Mataram dalam memasarkan usahanya yaitu masalah kemasan.

Banyaknya IKM yang belum memiliki label halal resmi MUI, hanya terkendala persoalan teknis saja. Karena, beberapa tahapan yang harus dilakukan jika akan memperoleh label halal seperti pemeriksaan oleh Dinas Kesehatan, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan dan MUI.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply