KEK Mandalika Selaras Dengan Kebijakan KLIK

Kawasan Mandalika

Mataram ( Global FM Lombok)- Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok Tengah (Loteng) bisa dipercepat dengan konsep baru yang diluncurkan oleh pemerintah melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Konsep baru tersebut adalah KLIK atau Kemudahan Investasi Langsung Kontruksi.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pembangunan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi NTB Lalu Gita Ariadi kepada wartawan, Jumat (24/2). Dia  mengatakan, BKPM memang terus berupaya melakukan percepatan realisasi investasi kepada perusahaan yang telah mendapatkan izin investasi atau izin prinsip penanaman modal.

“Keberadaan KEK Mandalika selaras dengan KLIK ini. Kedepan manakala Global Hub dan Samota telah mendapatkan dukungan dan legitimasi pemerintah yang lebih kuat, maka tersedia pilihan percepatan realisasi pembangunannya dengan mengusulkan sebagai KEK atau KLIK” kata Lalu Gita.

Setelah perusahaan sudah mendapat izin investasi di kawasan industri tertentu dapat langusng melaksanakan kontruksi dan secara paralel mengurus perizinan dan non perizinan yang diperlukan. Perusahaan yang telah memperoleh izin investasi atau izin prinsip diperbolehkan untuk melaksanakan langsung kegiatan sepanjang memenuhi tata tertib kawasan industri.

Menurut Gita, kebijakan kemudahan investasi langsung kontruksi atau KLIK ini tertuang dalam keputusan Kepala BKPM RI No 17 tahun 2017. Kebijakan ini merujuk pada UU No 25 tahun 2007 tentang penanaman modal dan beberapa peraturan perundang-undangan lainnya.

Sebagai implementasi dari kebijakan ini, tanggal 22 Februari 2017 lalu di Nusa Dua Convention Center, Bali dilakukan penandatanganan MoU antara gubernur/bupati dan kapolda, kajati dan pihak terkait di kawasan industri. Hadir pula puluhan kepala DPM-PTSP tingkat provinsi dan kabupaten yang memiliki kawasan industri serta 32 pengelola kawasan industri yang bergerak di berbagai sektor di seluruh Indonesia.(ris)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply