Di Kota Mataram Baru Ada 30 Unit Koperasi Syariah

Koperasi ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-  Koperasi syariah di Kota Mataram masih sangat minim yaitu sebanyak 30 unit koperasi. Pada tahun ini, pemerintah provinsi NTB sudah menyiapkan anggaran untuk membantu koperasi konvensional beralih menjadi syariah.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Mataram Yance Hendra Dira kepada Global FM Lombok Kamis (23/02) di Mataram. Ia mengatakan, alokasi anggaran yang disiapkan untuk koperasi syariah bukan hanya untuk Kota Mataram melainkan seluruh kabupaten kota se NTB. Bantuan yang diberikan yaitu berupa pembiayaan pembuatan akta koperasi.

“Koperasi syariah di Kota Mataram sedikit sih, kalau tidak salah 30 an kalau tidak salah. Bantuannya berupa biaya untuk pengurusannya, bantuan pengalihan. Jadi biaya administrasinya dibiayai melalui APBD provinis NTB. Kita sosialisasi kita bimtek, secara massif kita lakukan itu.Tetap kita lakukan itu, bagaimana mereka itu melaksanakan konpensinal menjadi syariah,” kata Yance

Dinas Koperasi tetap melakukan sosialisasi kepada pengurus koperasi terkait bantuan yang akan diberikan jika ingin beralih menjadi syariah. Dari 603 koperasi di Kota Mataram, sebanyak 50 unit sudah dibubarkan oleh pemerintah Kota Mataram pada tahun ini.

Dari ratusan unit tersebut, Yance menilai banyak koperasi yang akan beralih ke syariah.  Namun, dirinya belum bisa menyebutkan jumlah koperasi konvensional yang akan beralih karena masih dalam tahap pendataan oleh petugas. Sistem yang digunakan oleh koperasi konvensional yaitu dengan cara simpan pinjam sementara syariah yaitu bagi hasil.

”Tapi yang jelas, koperasi syariah itu lebih islami, intinya seperti itu. Karena memang semua dilaksanakan sesuai dengan syariat Islam. Ini kan kita perlu sosialisasi dengan baik, kita sudah punya tenaga ahli untuk itu,”ujar Yance  (azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply