Diare Ancam Korban Banjir Di Sumbawa

Diare Ancam Korban Banjir Di Sumbawa
kadis-kesehatan NTB

kadis-kesehatan NTB

Mataram (Global FM Lombok)- Hingga Rabu, 15 Januari, Dinas Kesehatan Provinsi NTB sudah menangani sebanyak 3.143 pasien yang terdampak banjir di Kabupaten Sumbawa. Penyakit yang diderita pasien rata-rata adalah ispa dan penyakit kulit. Sementara penyakit diare masih rendah. Namun, dikhawatirkan penyakit diare ini akan banyak muncul dalam sepekan kemudian.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan NTB, Nurhandini Eka Dewi di Mataram, Kamis (16/2). Ia menyebutkan, dari 1.900 sumur warga yang terdampak banjir, sejauh ini baru 600 sumur yang sudah berhasil ditaburkan kaporit. Kondisi itu berbahaya bagi warga karena bisa memicu penyakit diare. Adapun di kecamatan Sambelia Lombok Timur, pasien yang ditangani oleh tim kesehatan sekitar 300 pasien karena banjir tidak terlalu luas.

“Kalau di Sumbawa sampai kemarin kita sudah menangani 3.143 pasien. Mayoritas penyakit Ispa, penyakit kulit karena terendam banjir, dan pegal. Diare masih sedikit, tapi yang kita takutkan diara seminggu lagi, bukan setelah banjir karena sampai kemarin dari 1.900 sumur yang terdampak banjir baru 600 yang baru dibersihkan. Kalau di Lombok Timur dia tidak begitu terendam, jadi sudah dikaporisasi semua”,katanya.

Ia mengatakan, pihaknya telah menerjunkan sebanyak 40 tim kesehatan ke Kabupaten Sumbawa. Selain itu, kebutuhan biscuit, obat-obatan, bubuk abate dan kaporit juga masih cukup karena sudah ada bantuan dari Kementerian Kesehatan. Selain itu,sudah disiapkan sebanyak tiga pos kesehatan di kecamatan Sambelia yang didukung oleh puskesmas dan tersedia juga kendaraan ambulan. Namun, untuk pasien yang dirawat di posko kesehatan di Desa Dara Kunci Kabupaten Lombok Timur sudah kembali ke rumah karena sudah membaik. Sementara itu, penyakit yang diderita juga masih tergolong ringan.

“ Kewajiban kita itu menjaga jangan sampai terjadi wabah pasca bencana. Itu yang kita takutkan untuk Sumbawa dan Sambelia itu malaria karena banyak malaria, genangan kan di sana terus DBD, supaya tidak terjadi”katanya. (dha)-

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply