Di Mandalika, Rumah Tak Layak Huni Akan Disulap Jadi Homestay

IGB Sugiharta

Mataram (Global FM Lombok)- Rumah yang tak layak huni yang ada di kawasan wisata Mandalika Lombok Tengah (Loteng) akan disulap menjadi homestay melalui program perbaikan rumah dari pemerintah pusat. Namun dana stimulus yang akan dikucurkan per rumah masih minim yaitu hanya Rp 15 juta.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Dinas Provinsi NTB IGB Sugiharta kepada Global FM Lombok, Jumat (17/2). Dia mengatakan, program perbaikan rumah di kawasan wisata hanya terdapat di 10 daerah di Indonesia, salah satunya di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Lombok.

Karena nilai perbaikan rumah tak layak huni tersebut terbilang cukup minim untuk dijadikan homestay, Pemprov NTB sedang berupaya agar pemerintah pusat memberikan program rumah khusus. Program ini akan memperbaiki rumah tak layak huni dengan dana Rp 120 juta per unit.

“Bantuan itu bersifat stimulan hanya 15 juta. Kita masih berupaya bagaimana mendapatkan rumah khusus, kalau rumah khusus itu nilainya lumayan 120 juta. Sehingga masyarakat yang ada di sekitar KEK dMandalika dapat dibantu dari kondisi tidak layak huni jadi homestay” kata Sugiharta.

Sugiharta mengatakan, munculnya kebijakan perbaikan rumah di kawasan wisata Mandalika untuk meningkatkan kesejahteraan warga sekitar. Artinya warga sekitar bisa menyewakan rumah mereka kepada wisatawan yang datang berkunjung ke Kawasan Mandalika. Tujuan program ini agar warga sekitar kawasan wisata bisa merasakan dampak positif dari kemajuan pariwisata tersebut.(ris)-

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply