Berdayakan Istri Nelayan Lewat Program Pemindangan Ikan

Pemindangan Ikan

Mataram (Global FM Lombok)- Untuk meningkatkan kesejahtraan para nelayan, Dinas Perikanan Kota Mataram memberdayakan istri nelayan melalui program pemindangan ikan. Karena pada musim angin barat, para nelayan jarang melaut. Musim ini diprediksikan akan terjadi hingga bulan Maret mendatang.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas  Perikanan Kota Mataram Hj. Baiq Sujihartini kepada Global FM Lombok Kamis (16/02) di Mataram. Ia menyebutkan, di Kota Mataram terdapat 190 kelompok usaha pemindangan. Selama musim angin barat, usaha ini dinilai bisa membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kelompok usaha pemindangan ini sudah diberikan sejumlah fasilitas oleh pemerintah Kota Mataram seperti panci.

“Yang kita hidupkan kemarin  istrinya yang usaha pindangan itu. kan kita di Kota Mataram ini punya 190 usaha pemindang. Itu yang kita hidupkan, kemudian juga cold storage yang kita manfaatkan. Cold storage kita punya kapasitas 10 ton untuk menstabilkan harga. Jadi ketika ada ikan banyak kita masukkan itu. Sekarang cuaca buruk kita keluarkan isi di cold storage dan Alhamdulillah ketersediaan ikan di Kota Mataram masih aman,”kata Hj. Baiq Sujihartini Kamis (16/03) pagi.

Selain usaha pemindangan, pemerintah Kota Mataram juga memanfaatkan cold storage atau alat pendingin yang berkapasita 10 ton. Keberadaan alat ini juga untuk menekan kenaikan harga ikan di pasar.  Ikan yang dimasukkan kedalam cold storage tersebut tidak saja dari Kota Mataram melainkan Kabupaten Lombok Timur dan pulau Sumbawa.

Untuk program pemindangan ikan ini lanjut Sujihartini, Dinas Perikanan Kota Mataram akan mengadakan pelatihan managemen usaha. Hal ini dilakukan, agar usaha warga Kota Mataram tersebut tidak saja hanya sebatas memproduksi melainkan bisa memasarkannya.(azm)-

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply