Antisipasi Sampah Berserakan, Dinas LH Siapkan Seribu Karung di TPS

Sampah dekat kontainer ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)- Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram sudah menyiapkan seribu lembar karung yang akan ditempatkan di masing-masing TPS. Upaya ini dilakukan agar sampah yang dibuang oleh masyarakat ke setiap TPS tidak berserakan dan tidak terlihat kumuh.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram , Irwan Rahadi kepada Global FM Lombok Selasa (14/02) di Mataram  menyebutkan, masing-masing TPS akan disiapkan 10 lembar karung. Sehingga, masyarakat yang membuang sampah harus memasukkannya kedalam karung tersebut. Hal ini dilakukan untuk mempermudah petugas mengangkut sampah. Karena selama ini, sampah yang dibuang oleh masyarakat berserakan hingga ke jalan raya.

Selain mempermudah pengakutan sampah, metode ini juga akan mengurangi waktu pengangkutan sampah dari TPS. Program ini masih dalam tahap uji coba, dan jika efektif untuk menangani persoalan sampah yang ada di TPS, pola seperti ini akan dilanjutkan.

Penempatan karung disetiap TPS ini akan dilakukan selama seminggu kedepan. Karena, saat ini masih dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat. Jika masyarakat tidak memasukkan sampah kedalam karung yang sudah disiapkan, mereka diminta untuk tidak buang sampah. Selain penempatan karung, Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram juga akan berupaya untuk menjadikan TPS sebagai taman kecil. Salah satu TPS yang mulai ditata yaitu di Karang Medain.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply