Curah Hujan Tinggi, Banjir Landa Hampir Seluruh Wilayah NTB

Jembatan menuju arah Pantai Tanjung pengamas yang ambruk

Mataram (Global FM Lombok)- Bencana banjir sudah melanda hampir seluruh kabupaten kota di NTB. Setelah Kabupaten Lombok Timur, Bima, Kota Bima serta Kabupaten Dompu, pada Selasa (31/1) kemarin, banjir juga mulai menerjang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang terjadi di Kota Taliwang. Pada hari yang sama, Kabupaten Bima juga kembali diterjang banjir di Kecamatan Woha akibat luapan air sungai Padolo dan mengakibatkan seluruh rumah di kecamatan itu terdampak

Hal itu dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Muhammad Rum di Mataram, Rabu (1/2). Kemudian banjir juga melanda Kabupaten Sumbawa di Labuan Badas, Desa Kijang dan Kecamatan Guntur Wilis. Adapun di pulau Lombok, banjir terjadi di Desa Kute dan desa Sengkol kecamatan Pujut pada Rabu (1/2) pagi. Akibatnya, puluhan warga mengungsi. Kemudian, banjir juga melanda kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Lombok Barat serta Kota Mataram.

“Jadi sudah merata ini banjir, sudah hampir semua wilayah. Secara umum semuanya tidak ada korban semuanya se NTB. Tapi kalau terdampak genangan ada, tapi saya belum dapatkan datanya. Di Kute tadi laporan yang kami dapat itu ada 200 KK yang terdampak. Masih tergenang karena tidak ada jalan keluar airnya. Karena tidak ada drainase. Itu makanya kalau pengembangan hotel di Mandalika itu agar selalu memperhatikan drainase lah”,kata Muhammad Rum di Mataram, Rabu (1/2)

Dikatakan, pembangunan drainase sebagai sarana pembuangan air ke laut di kawasan Kute tidak ada. Pasalnya, pembangunan home stay yang ada di kawasan tersebut tidak memperhatikan drainasenya. Karena itu, air yang seharusnya melewati drainase tertutupi oleh bangunan. Melihat intensitas curah hujan yang terus meningkat, ia meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Pihaknya sudah langsung menyerahkan bantuan kepada Pemkab Lombok Tengah yang diterima oleh Sekda, seperti air mineral, obat-obatan serta selimut.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kediri Lombok Barat memprediksi bahwa hujan ringan dan sedang akan terus mengguyur sebagian besar wilayah NTB hingga tiga hari ke depan. Dimana, suhu udara diprediksi ada pada rentang  23-32 derajat celcius, serta kecepatan angin maksimu 30 km/jam.Selain itu, curah hujan dengan kategori tinggi, yakni lebih dari 150 mili meter per dasarian berpeluang terjadi, yakni di Lombok Timur bagian selatan, Lombok Tengah kemudian Lombok Barat bagian selatan dan KSB bagian Barat, Sumbawa bagian Utara serta Kabupaten Bima bagian utara dengan peluang sebesar 50 sampai 80 persen.(dha)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply