Rp 14 Miliar Untuk Menata 11 Keluarahan di Kota Mataram

H. M. Kemal Islam

Mataram (Global FM Lombok)- Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman akan menata sebanyak 11 kelurahan di Kota Mataram. Jumlah anggaran yang disiapkan yaitu sebesar Rp 14 miliar. Program penataan kelurahan ini akan mulai dilakukan tahun 2017 ini. Anggaran yang digunakan bersumber dari pemerintah pusat.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman H. M. Kemal Islam kepada Global FM Lombok Selasa (24/01) di Mataram. Ia menyebutkan, berdasarkan data tahun 2013 lalu, wilayah kumuh di Kota Mataram seluas 800 hektar. Sementara kelurahan yang masih termasuk kawasan kumuh yaitu di 25 kelurahan dengan luas 300 hektar lebih. Sebanyak 11 kelurahan yang akan ditata tahun 2017 ini menyebar di enam kecamatan seperti Jempong Baru, Monjok Barat dan sejumlah kelurahan lainnya.

“Untuk satu kelurahan Rp 1 miliar dianggarkan. Nanti ada dana kolaborasi yang disiapkan oleh pemerintah Kota Mataram. Dari kegiatan masing-masing sector SKPD. Kalau tidak salah ada Rp 14 miliar. Jadi Rp 11 miliar itu untuk 11 kalurahan dan ada dua keluarahan jadi proyek percontohan jadi ditambah anggarannya masing-masing Rp 1,5 miliar. Jadi yang bersifat khusus itu,”ujar Kemal

Selain itu lanjut Kemal, dari anggaran Rp 14  miliar yang sudah disiapkan, masing-masing kelurahan mendapatkan Rp 1 miliar. Namun, ada dua kelurahan yang akan dijadikan proyek percontohan dengan anggaran sebesarRp 1,5 miliar. Sejumlah SKPD lingkup pemerintah Kota Mataram akan ikut membantu realisasi program tersebut melalui anggaran yang bersumber dari APBD Kota Mataram.

Dia belum mengetahui secara pasti jumlah rumah kumuh yang akan mendapatkan bantuan melalui program tersebut. Karena jika ada 20 unit rumah kumuh, pihaknya akan melakukan seleksi kembali agar data yang dimiliki lengkap.

“Yang akan ditata dengan anggaran itu, seperti rumah kumuhnya, sanitasinya, kemudian PDAM air bersih kalau tidak ada bagaimana. Kita akan lihat hasil  penyusunan DED terakhir yang akan dipresentasikan kepada  teman-teman dilapangan,”kata Kemal.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply