Blangko KTP Belum Ada, Masyarakat Masih Gunakan Surat Keterangan

E KTP ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)- Sejak bulan Oktober 2016 lalu, masyarakat Kota Mataram belum bisa mencetak KTP Elektronik karena blangko yang masih kosong. Sehingga,Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram masih menggunakan surat keterangan pengganti KTP. Diprediksikan, blangko KTP Elektronik akan tersedia pada bulan April mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram H. Ridwan kepada Global FM Lombok Kamis (26/01) di Mataram. Ia menyebutkan, hingga saat ini jumlah surat keterangan pengganti KTP yang sudah diterbitkan yaitu sekitar enam ribu lembar. Surat keterangan tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu enam bulan. Jika, blangko KTP Elektronik sudah tersedia maka masyarakat bisa mengganti surat keterangan tersebut dengan KTP.

Untuk memenuhi kebutuhan operasional pencetakan KTP, pemerintah pusat mengalokasikan anggaran melalui dana tugas pembantuan (TP) kepada masing-masing pemerintah. Pada tahun 2016 lalu, jumlah dana TP yang diperoleh pemerintah Kota Mataram yaitu sekitar 800 juta. Sementara pada tahun 2017 ini, dana TP menjadi dana alokasi khusus (DAK) sehingga masuk kedalam APBD sebesar Rp 1 miliar.

Dinas Dukcapil Kota Mataram mengharapkan, blangko KTP yang akan diberikan nanti sebanyak 10 ribu keping lebih.  Jumlah ini untuk bisa mengakomodir masyarakat Kota Mataram yang akan mencetak ulang  karena hilang, rusak dan beberapa persoalan lainnya.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply