Mabes TNI Buka Rumah Sakit Lapangan Untuk Korban Banjir Bima

Gubernur NTB sedang menggendong anak korban banjir

Mataram (Global FM Lombok)- Mabes TNI membuka Rumah Sakit (RS) lapangan di Convention Hall Kota Bima. Sebanyak 285 orang personil disiagakan untuk membantu warga di RS lapangan tersebut, yang terdiri dari 80 personil kesehatan dan 205 pasukan serbaguna yang biasa dimanfaatkan oleh Korem dan Kodim. Sedikitnya sebanyak 80 orang pasien sudah masuk untuk berobat dengan keluhan penyakit seperti diare dan gatal-gatal.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, H.Muhammad Rum, Rabu (28/12). Adapun jumlah pasien yang dirawat di RS Kota Bima hingga saat ini tercatat sebanyak 12.443 orang pasien dengan berbagai jenis keluhan seperti pegal, ISPA, kulit gatal, demam, dan hipertensi. Sementara itu, dari total 201 travo PLN yang ada, tersisa tinggal satu travo yang belum aktif. Travo yang belum aktif itu berada di kecamatan Rasana’e Timur Keluarahan Nungga akibat longsor.

Adapun terkait dengan pembersihan lingkungan, sekitar 650 warga ikut bergotong royong membantu aparat TNI/Polri di dalam mengangkat sampah dengan ketersediaan truk pengangkut sampah sebanyak 70 unit. Selain itu, 50 persen sekolah di Kota Bima juga sudah dibersihkan dari sampah san lumpur, sehingga diperkirakan siap digunakan di awal tahun ini. Begitu pula dengan fasilitas kesehatan sudah bersih dari lumpur. Namun, masih banyak gang-gang perkampungan warga yang tertimbun sampah.

Di sisi lain, masih terdapat 6.900 penduduk mengungsi di masjid dan fasilitas yang aman untuk ditinggali. Sementara warga lainnya sudah kembali ke rumah masing-masing untuk membersihkan lumpur dan sampah yang masuk ke rumah mereka. Adapun untuk persediaan beras bagi warga korban banjir sekarang ini tersisa di gudang Bulog Kota Bima sebanyak sembilan ton. Sehingga harus mendatangkan beras tambahan dari Bulog provinsi sebanyak 100 ton. (dha)-

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply