Dishubkominfo Kota Mataram Akan Tata Transportasi Cidomo

Cidomo

Mataram (Global FM Lombok)- Tahun 2017 mendatang, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Mataram akan melakukan pembenahan terhadap cidomo. Pembenahan yang akan dilakukan seperti pemasangan plat kendaraan dan trayek kendaraan, karena sejumlah cidomo menggunakan jalur-jalur yang dilarang.

Hal itu disamapaikan kepala Bidang Pengendalian Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas pada Dishubkominfo Kota Mataram Mahfuddin Noor Rabu (28/12) di Mataram. Ia mengatakan, selain pemasangan plat kendaraan, pemerintah daerah juga akan memberikan surat tanda kendaraan tidak bermotor dan juga izin mengemudi.

Hingga saat ini ratusan cidomo masih banyak yang beroperasi di Kota Mataram terutama di pasar-pasar tradisional. Cidomo yang beroperasi di Kota Mataram tidak saja dari Kota Mataram melainkan dari Kabupaten Lombok Barat.

Pembuatan plat kendaraan ini sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu, namun belum terealisasi hingga saat ini. Selain itu, persoalan yang sering dipermasalahkan oleh masyarakat yaitu kotoran kuda yang tercecer di sembarang tempat. Pemerintah Kota Mataram sudah membagikan puluhan alat untuk membersihkan kotoran kuda kepada para kusir. Namun, bantuan ini belum merata diberikan kepada semua cidomo di Kota Mataram.

Selain itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram mengusulkan agar cidomo yang ada di Kota Mataram dijadikan sebagai alat transportasi pariwisata. Usulan ini disambut baik oleh Dishubkominfo Kota Mataram. Namun harus ada pelatihan tentang pariwisata kepada para kusir, agar mereka bisa menjelaskan destinasi yang ada kepada wisatawan.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply