Kawanan Spesialis Pembobol Berangkas Diringkus Polisi

Foto kawanan spesialis Pembobol Berangkas diringkus Polres Lobar

Giri Menang (Global FM Lombok) -Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lombok Barat (Lobar) berhasil membekuk kawanan spesialis Pembobol Berangkas. Tiga orang pelaku diamankan, inisial DA, SC, AK. Ketiga pelaku berasal dari wilayah Narmada, Lobar dan wilayah Jongkat serta Pujut Loteng. Kini ketiga pelaku diamankan di Mapolres Lobar untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Kapolres Lobar, AKBP I Wayan Jiartana didampingi Kasatreskrim AKP Joko Tamtomo, menyatakan, para pelaku telah melakukan aksi kejahatan di lima TKP berbeda di wilayah Lobar. Di antaranya membobol kantor PT SAS, PT Terus Jaya, Astra Honda, Autlet Sopie Martin dan di Indomart. “Tiga pelaku berhasil diamankan terduga spesialis curas dan curat,” kata Kapolres akhir pekan kemarin.

Kronologi penangkap para pelaku dilakukan di tempat berbeda-beda. Para pelaku merupakan hasil pengembangan dari kasus sebelumnya, dari hasil penyelidikan ada keterkaitan satu sama lain. Setelah dilakukan pengembangan bekerjasama dengan aparat dan tim Opsnal di polres lain serta polda, sehingga diperoleh informasi valid terkait para pelaku. Berbekal informasi ini, satreskrim pun melakukan penangkapan. Dari tangan para pelaku, diamankan barang bukti hasil kejahatan dari para pelaku.

Para pelaku, jelasnya, berkawanan sebanyak 10 orang. Hasil penangkapan baru 3 orang, sedangkan sisanya masih dicari. Para pelaku dimasukkan dalam DPO. Setiap pelaku jelasnya, memiliki peranan dalam aksinya. Lebih jauh dijelaskan, modus operandi para pelaku dalam melakukan aksinya, dari lima TKP berbeda modusnya. Ada yang targetnya membobol berangkas dan barang berharga. Dari beberapa TKP sudah direncanakan, sehingga para pelaku menyiapkan peralatan untuk membobol. Akibat perbuatan para pelaku curas terancam pasal 365, sedangkan pelaku curat terancam pasal 363 dengan ancaman penjara 12 tahun.

Dari lima pelaku yang berhasil ditangkap lanjut Jiartana, kasusnya ada yang terjadi sudah lama, namun banyak juga terjadi jelang tahun baru. Sehingga jelasnya, intensitasnya pengamanan jelang tahun baru perlu ditingkatkan. Pihaknya berupaya melakukan tindakan preemtif, melakukan penyuluhan ke masyarakat maupun pengaturan patroli di lapangan. Selain itu dilakukan upaya refresif untuk menekan kasus kejahatan di masyarakat dalam rangka jelang tahun baru nanti. Saat ini kondisi di Lobar masih kondusif, hal ini upaya pemda bersama aparat melakukan cipta kondisi. (her)

TUNJUKKAN – Kapolres Lobar I Wayan Jiartana didampingi Kasat Reskrim Joko Tamtomo menunjukkan barang bukti yang berhasil disita dari kawanan spesialis pembobol berangkas yang berhasil diringkus Polres Lobar, Sabtu (24/12). (Suara NTB/her)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply