Empat Kabupaten Kota di NTB Terdampak Bencana Banjir

banjir NTB

Mataram (Global FM Lombok)-Hujan lebat yang terjadi pada Senin  (12/13) kemarin membuat tiga kabupaten dan satu kota di NTB terendam banjir. Ke empat kabupaten tersebut adalah Kabupaten Lombok Barat yang terletak di Kecamatan Batu Layar. Selanjutnya adalah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) di kecamatan Brang Rea dan Taliwang serta Kabupaten Sumbawa di Kecamatan Alas. Kemudian di Kota Mataram dimana banjir terjadi hampir di semua titik.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, H.Muhammad Rum di Mataram, Selasa (13/12). Akibat bencana banjir ini, lebih dari ratusan KK di Kota Mataram terdampak. Adapun di kecamatan Alas sebanyak 372 KK.  Selain itu, sebanyak 6 desa di Brang Rea juga terendam banjir. Ketinggian banjir ini mencapai satu meter. Untuk di Lombok Barat, terdapat satu tanggul terputus dan 203 KK terdampak. Sekarang ini, masing-masing BPBD Kabupaten Kota sedang melakukan penanganan terhadap titik-titik yang terdampak banjir tersebut.

“ Tapi dari semua itu Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Jadi teman-teman sudah bantu karung untuk mengatasi tanggul dan kita bantu dengan air mineral. Itu di Lombok Barat saja . Ini memang kita fokus dulu di Batu Layar.

Dilanjutkan,  untuk kerugian belum bisa dipastikan karena masih dilakukan pendataan oleh pemerintah kabupaten kota. Sementara itu, terkait dana siaga bencana sebesar Rp 40 milyar akan segera diajukan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pihaknya meminta kepada masyarakat untuk melakukan gotong royong dengan membersihkan saluran drainase. Hal itu mengingat hujan masih akan terus terjadi sehingga berpotensi untuk terjadinya banjir.(dha)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply