Pembahasan Alot, Akhirnya APBD NTB 2017 Berhasil Ditetapkan

Suasana Rapat Paripurna DPRD NTB

Suasana Rapat Paripurna DPRD NTB

Mataram (Global FM Lombok)- Setelah melewati pembahasan alot dengan beberapa kali skorsing sidang, akhirnya APBD Provinsi NTB 2017 resmi ditetapkan hari Rabu, 30 November 2016 malam. Sidang Paripurna Penetapan RAPBD 2017 seharusnya berlangsung Rabu 30 November 2016 pukul 14.00 Wita. Namun sidang urung dilakukan karena beberapa hal yang berkaitan dengan persoalan  aperhitungan anggaran.

Salah satu yang menarik pada sidang paripurna penetapan APBD NTB 2017 itu adalah tidak ada satupun anggota dari Fraksi PDIP DPRD NTB yang terlihat hadir. Sementara itu Isvie yang dikonfirmasi terkait hal itu enggan memberikan komentar apa pun.

Dalam siding tersebut, Komisi III DPRD NTB melalui juru bicaranya Johan Rosihan menyampaikan penetapan APBD 2017 baru bisa disetujui oleh Komisi III setelah sidang mengakomodir permintaannya terkait penyertaan modal Daerah pada Bank NTB senilai Rp 20 miliar. Dari permintaan tersebut, pimpinan sidang Mori Hanafi melakukan skorsing 30 menit guna membahas permintaan Komisi III.

Setelah melalui pembahasan-pembahasan tersebut, akhirnya sidang memutuskan untuk menyertakan modal daerah senilai Rp. 20 miliar itu ke Bank NTB sesuai permintaan Komisi III, dengan catatan pencairan dananya akan dilakukan setelah ada keputusan Panitia Khusus (Pansus) Bank NTB yang saat ini masih bekerja.

Dari persetujuan itu maka sidang paripurna kemudian bisa menetapkan APBD NTB 2017 pada pukul 23. 45 Wita. Adapun komposisi APBD NTB yaiatu sebanyak Rp. 4 Triliun 791 Miliar lebih, Anggaran Belanja Daerah sebanyak Rp. 5 Triliun 8 miliar 996 juta lebih, Depisit sebanyak Rp. 217 miliar 559 juta lebih, Penerimaan pembiayaan sebanyak Rp.130 miliar lebih, Penerimaan Kembali Pemberian Pinjaman sebanyak Rp. 650 juta, Pengembalian investasi non permanen sebanyak Rp. 106 miliar, Pengeluaran Pembiayan Rp. 20 Miliar dan Pembiayaan netto Rp. 217 Miliar lebih. (ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply